Senin, 02 Mei 2011

Ratri's Hijab Story - Holiday Madness




After all the holiday madness that i've had, i choose to share to a friend of mine, Ratri. She wears hijab from high school and she has been through lots of holidays with hijab. I asked her about packing, swimming and how to handle people.

Here's what she said:

Packing
Oke, nanti juga terbiasa sih far...kalo gw akhirnya menemukan cara biar bawaan ringkes

1. Kalau bisa baju jgn yg modelnya tumpuk2, alias butuh 2 baju utk sekali pakai (contoh model daleman+lengan pendek). Nahh itu dihindarin. Gw sih biasanya dapet baju long sleeve selalu di Bandung, rumah mode, krn disana size-nya agak mewakili gw yg chubby ini

2. Ada teknik menggulung baju sampe bnr2 digulung bajunya jd tipis (terutama buat kerudung, dan nggak akan membuat baju lecek kok). Hmmm, karena trip gw itu banyakan road trip yg sehari kadang bs cm 1 kali pake baju, jadi nggak pernah ada masalah far, hehehe...biasanya gw klo packing juga sampe 3 jam lebih cuma buat ngatur letak2nya kok. Jadi gw yakin pasti lo akan nemuin caranya sendiri (ga menjawab ya?!) hehehe... Soal jilbab, gw slama ini milih bawa bahan paris karena lebih ke praktis, cuma yaa tetep berwarna cerah biar keliatan oke di foto.


Water Activites
Pake baju renang muslim far, cuma ya itu, kebanyakan modelnya sih agak2 norce, kembang2 gitu. Biasanya bentuknya kaya kura2 kan ya? Bisa aja sih, pake clana training yg bahan parasut sih far, baju atasannya tetep mesti yg bahan baju renang, trutama klo aktifitas snorkling, soalnya kalo pake baju oblong biasa, jadi berat karena dia super duper nyerep air. Nah kalo misalnya hari pertama udah basah bgt, biasanya gw jemur aja, at least pas pulang dr liburan, ga berat2 bgt (berat krn air)

Tapi kalo aktifitasnya cm cipuk2 di pinggir pantai gpp pake kaos, asal jangan ketengah2
Pilih aja baju renang muslim yang agak "normal" motifnya.. Nah cari yg kira2 panjangnya dibawah dengkul, trus atasannya pk bergo tapi yg bukan bahan katun. Lo bisa ttp ciamik kok..

Untuk baju renang, ga punya pilihan..ihikkss, gw pun masih pengen hunting2 di tanah abang

Kemaren itu kan gw udah beli baju renang yg agak beradab ya, ehh ternyata kependekan dan kekecilan akhirnya krn gw nggak pede. Gw tiban lah pake kaos lengan pendek yg agak panjang, mungkin ini jg bisa dipraktekan..

Untuk kepala, gw selama ini sih pake cap renang, dan membuat gw terliat bodoh sih. Soalnya lupa mulu bawa bergooo. Karena emang gw nggak terlalu sukaa juga. Tapi temen gw kemaren ada yg nekat pake kerudung paris bo, untung dia pake daleman, jadi at least stay still di kepala


People's Mocking
Gue juga ngalamin. Malah pernah sekali waktu gue terpaksa pulang jam 12 malem karena itu. Padahal ada temen gue yang masih mau jalan-jalan di Legian. Tapi diemin aja far. Temen gue malah ada yang senyum setiap ada yang mocking. Gue yang, what?? Tapi ya memang kalau kita marah, mereka malah makin jadi.

Btw, kalau di gili trawangan karena smuanya bule, dan ternyata mayoritas islam jadi nggak bakal di mocking. Kecuali mereka sangat heran pas gw pake baju renang muslim. Karena bagi mereka itu klo mau ke laut ya bikin atau baju renang yg perlihatin kulit.


This conversation made me feel relaxed. Because i'm not alone. Even this conversation maybe haven't fulfilled what we-the hijabers- need in holiday yet, but at least we know that there is a way. I hope this post will give you something :)

Thanks Rat!

Photo courtessy of: Ratri's facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar