Senin, 27 Agustus 2012

"Si Cantik Mana?"

Gue punya tiga pasang orangtua. Empat kalo sama mertua.
Pertama adalah orang tua kandung.
Kedua gue panggil Mamih dan Papih, Mamih adlh kakak nyokap gw paling tua. Mamih dan nyokap gw bedanya 20 tahun.
Ketiga adalah Mama Cigon dan Papa Cigon. Mama Cigon adalah kakak nyokap gue yg ketiga,bedanya 16 tahun sm nyokap.

Nyokap gue jadi yatim piatu pas beliau berumur 13 tahun kl gak salah. Pas SMP. Setelah itu mereka lah yg ngurusin nyokap.

Pas pedekate sama bokap, nyokap gw tinggal di rumah Papah dan Mamah Cigon.

Sampai pas nyokap menikah dan ditinggal bokap dinas ke luar negri. Nyokap tinggal bergantian di dua keluarga itu dan keluarga uwa gw satu lagi.

Begitu pula pas nyokap hamil dan akhirnya gue lahir. Gue lahir di Sukabumi, di tempat uwa gue, Uwa Eka dan Uwa Gagan. Uwa Eka adlh kakaknya nyokap yg ke empat.

Ulang tahun pertama dirayain di rumah Mamih dan Papih. Baru pas gw ulang tahun ke dua dirayain di rumah sendiri.

Di antara tiga iparnya nyokap itu, gue paling dekat sama Papa Cigon. Kerasa banget kalo dia nganggep gue kayak cucu sendiri. Ya soalnya dia nganggep nyokap gue anak. Yang bisa jalan-jalan berdua naik motor keliling komplek. Atau simply ditemenin pas lagi main di rumahnya. Setiap ketemu gue, pasti meluk dan bilang kangen. Dan kalo ketemu nyokap bokap gue, beliau selalu nanya, 'Si Cantik Mana?' sebagai tanda nanyain gue. Sementara dia akan nanya 'Si Jangkung Mana?' sebagai tanda nyariin adek gw.


Sekitar hampir 3,5 bulan lalu, Uwa Gagan meninggal setelah dua tahun menderita stroke berat.

Kemarin siang, Papa Cigon meninggal dunia. Hari Kamis minggu lalu, gue sekeluarga sempat menjenguk beliau. Di tempat tidur beliau mengerang kesakitan tanpa henti. Rupanya Papa Cigon dehidrasi akut. Tapi pihak keluarganya msh clueless dan nggak bawa dia ke rumah sakit.

Hari Jumat Papa Cigon masuk RS dan didiagnosa dehidrasi serta kurang gizi. Jadi mesti diinfus.

Dehidrasi dan kurang gizinya krn selama puasa beliau nggak jaga asupan makanan dan minuman. Sehari minum cuma 3 gelas, dan makan ta'jil paling kue dua biji dan nasi setengah porsi.

Itu di luar kebiasaan beliau, yg biasanya selalu jaga kesehatan.

Yang bikin gue kagum, di saat sakit seperti itu Papa Cigon selalu ingat sholat. Bahkan ia lancar puasa dan tarawih sampai dua hari sebelum Lebaran. Beliau terpaksa berhenti puasa cuma karena dehidrasinya mulai parah. Itupun pake dipaksa untuj berhenti dulu.

Dari cerita Mama Cigon, hari Senin pagi Papa Cigon terus dzikir. Laa ilaa ha illallahu selalu beliau ucapkan. Setelah adzan dzuhur berkumandang, beliau menutup mata sebentar, membuka lagi untuk melihat Mama Cigon, lalu menutup matanya selama-lamanya.

Kemarin gue bersyukur banget bisa lihat Papa Cigon untuk yg terakhir kali sebelum dimakamin hari ini. Wajahnya bersiiiiih banget, dan terlihat lebih muda. Badannya seperti mengecil, padahal beliau tinggi. Seperti untuk memudahkan orang-orang yg akan mengantarnya hari ini.

Rasanya betah banget ngeliatin muka Papa Cigon semalaman, ditemani lantunan Al Qur'an dari orang-orang yg datang.

Pagi ini, Papa Cigon akan dimakamkan. Berat hati itu pasti. Tapi..rasanya beliau memang diinginkan Allah untuk pulang. Meninggal saat berdzikir, di awal bulan Syawal dan setelah ibadah selama hidup dan Ramadhan terakhirnya dengan baik. Jadi, gue akan berusaha banget untuk ikhlas, walaupun patah hati.

Selamat jalan Papa Cigon..we all love you very much. Gonna miss you so much..but you deserve heaven so we won't bother :") inna lillahi wa inna illahi rooji'uun..

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar