Jumat, 22 November 2013

4 Days 3 Nights

Huahhh...akhirnya kembali ke peradaban internet! Setelah 4 hari 3 malam gak dapet internet bahkan harus berjuang buat bisa sms di.... RSIA YPK.
Jadi ceritanya hari Senin sore dan malem gue flek dikit tapi pekat. Panik, gue pun ngabarin Dijo. Dijo langsung nelfon dan minta gue buat ke UGD asap. Itu udah jam...9 malem.

Karena nggak mungkin gue ke YPK jam segitu, dokter Nadir juga nggak ada, gue memutuskan buat telfon dulu. Daly sih tepatnya yang nelfon dan nanyain apakah mungkin dapet nomer telfonnya dr.Nadir. Pihak YPK nya bilang, mereka gak bisa ngasih telfonnya dr.Nadir. Kalopun gue dateng malem itu juga, kondisi gue akan dilaporin ke dokter...via telfon juga. Simi iji ding? Berhubung dr.Nadir praktek hari Selasa pagi, ya wes..gue mutusin buat kontrol aja Selasa pagi.

Selasa, 19 Nov '13
Niatnya berangkat jam 8. Apa daya karena gue masih lemes, berangkatlah jam 9 bareng bokap nyokap. Daly udah daftarin dari pagi dan ngantor dulu. Di jalan sempet laper dan mampir beli ayam pop di Sederhana Moestopo. Lamaaa bgt pelayanannya sampe gemeter gue padahal pesen ayam pop satu dibungkus doang.
Pas selesai, sambil nyuilin ayam pop lanjut lah ke RSIA YPK Mandiri dan sampe sekitar jam 11. Bokap nunggu di gado-gado Boplo (sambil makan, doi laper banget kayaknya). Daly udah sampe. Cuma nunggu 5 menit, masuklah ke ruangan dr.Nadir. Pas di cek janinnya alhamdulillah bagus, sehat, normal, tapi ternyata posisi ari-ari gue terlalu ke bawah deket mulut rahim. Jadi kalo terlalu banyak gerak, dia akan lecet dan ngeluarin flek.
Dr.Nadir pun nyuruh gue buat opname hari itu juga. Dia takut risiko keguguran aja sih walaupun kondisi rahimnya aman-aman aja. Gue nggak boleh jalan, jadi naik kursi roda ke kamarnya. Sempet ngerasa nyesel sih karena sempet ngeremehin hal ini. Abis gue mikirnya, badan nggak sakit nggak apa, masa sih perlu diopname segala? Tapi faktanya hamil itu emang banyak ajaibnya.
Gue milih kamar kelas 2 di Melati 1. Isinya buat 2 pasien. Mikirnya, yah kan cuma dirawat aja. Kamarnya kecil dan cenderung claustrophobic. Yang ajaib, sinyal hp apapun di situ minim. Jadi i have to say goodbye to internet. Sms pun angot2an.
Abis ganti baju dan pipis, gue diinfus. Mak, serem abis yeee liat jarum gede masuk punggung tangan..gue merem aja deh. Tapi sakitnya dikit kok, asli. Karena masuknya pas mau jam makan siang, langsung dikasih makanan. Gue pun disuapin Daly karena nggak boleh banyak gerak. Yang paling sedih adalah, gue mesti pipis di pispot. Saaaaking gak boleh geraknya :'( rasanya nggak enak banget dan insecure. Akhirnya pipis cuma 3x deh for the rest of the day. Gue cuma boleh ke toilet kalo pengen pup. Itu pun nggak boleh ngeden.

Sorean gitu pasien sebelah gue masuk. Dia hamil 11 minggu tapi janinnya nggak berkembang sejak usia 6 minggu, jadi dia abis dikuret. Abis tiduran, suaminya pulang, mungkin balik kerja yah. Dia sendirian lah.
Maleman gitu gue mual muntah. Pas lagi dibantuin Daly, gue denger dia nangis. Jam 7an, Rani, adek bungsunya Daly dateng bawain mangga sama anggur. Lagi ngobrol2 gitu, gue denger sebelah gue nangis lagi.
Jam 8 jam besuk abis, Rani pun pulang. Nggak lama suaminya sebelah gue dateng. Selain nanya kabar, suaminya nanya gini "Nangis lagi tadi?".  Kasian :( kayaknya dia kesepian banget. Jam 10 malem the suamis pun balik karena udah waktunya istirahat.
Jam 11 malem gue sempet pipis dan berniat pup. Ke toilet lah kan. Wah, gue bener-bener ngerasain hamil kayak yang di artikel2 produk susu yaitu, sembelit! Mana gak boleh ngeden lagi kan. Jadi deh gue lama banget di toilet sambil megangin infus dan berujung pusing gemeter kleyengan.

Rabu, 20 Nov '13
For the first time gue dimandiin suster! Hadeuh rasanya nggak nyaman banget tapi mesti. Cuma lap-lap aja sih, but still. Jam 7an Daly dateng dengan muka beler bawain odol yang ketinggalan. Dia nemenin gue sampe jam 1 siang. Abis itu dia harus ke kantor karena ada ibu Marie Pangestu dateng.
Gue mulai nafsu makan. Mungkin karena diinfus dan nggak ada pilihan juga. Jadi apa aja gue makan, nggak banyak tapi sering. Daly juga sempet beliin gue kentang somay Theresia. Yang aneh, lidah gue nggak bisa toleran sama manis. Ayam goreng bumbu kuning aja menurut gue manis.

Abis maghrib, ibu dan bapak mertua gue jenguk. Mereka bawain ketimus :') padahal...gue nggak doyan makan manis. Jam 7an, Sari, adeknya Daly yg nomer 2 dateng bareng suami dan 2 anaknya. Nggak lama adek gue juga dateng bareng pacarnya buat nganter obat yang ketinggalan plus segala macem cemilan. Intinya ruame banget ruangan itu. Untung pasien sebelah gue udah pulang dari siang. Kasian kalo dia ngerasa kesepian lagi gara-gara sebelahnya rame.
Jam 8 mereka semua pulang. Abis itu gue flek. Kecapekan kayaknya ngobrol sama banyak orang..hahaha. I felt so weak.

Kamis, 21 Nov '13
Setelah semalem tidur sendirian, hari ini pasien baru dateng. Dia baru lahiran anak ke-4. Di ruangan itu jadi rameeeee...ada lakinye, 3 anaknya sama pembantunya. Terus gue senewen. Soalnya anaknya yang cowok nyibak2 tirai gue. Anaknya yg umur setaunan gedor-gedor pintu. Suami sama pembantunya bolak balik ke pintu yg deket tempat tidur gue. Langsung semua tirai dipenitiin sama Daly biar nggak kesibak-sibak.
Pas gue mau pipis, suaminya make kamar mandi pasien buat mandi. Sementara pispot gue di kamar mandi. Jadilah gue mesti nunggu karena susternya mesti ngambilin pispot baru karena basically gue nggak boleh nahan pipis. Abis dia mandi, gantian sama anaknya.
Karena capek kali ya, anaknya yg umur setaun itu nangis kejerrr. Gue jadi susah mau istirahat, pusing denger jejeritan gitu. Ditambah lagi suaminya tereak2 manggil anaknya yang gede, giling, udah kayak di rumah sendiri deh mereka. Untung rombongan itu pulang sebelum maghrib, ninggalin si ibu sendiri tidur.
Saking senewennya gara2 kejadian itu, gue flek. Hadeuh... gue pun disuntik obat entah apa yg bentuknya seperti minyak. Jadi rasanya lumayan sakit karena obatnya ngalirnya seret.
Jam 7 malem, sepupu gue Mba Elok dan Mas Puguh sama 2 krucil anaknya mba elok nengokin. Gue udah takut capek aja didatengin gitu kan. Tapi Daly nasehatin, dia bilang syukuri aja situasinya..karena ditengok kan berarti banyak yg perhatian, nggak usah dibawa stres. Toh mereka dateng buat ngedoain dan cerita-cerita lucu. Ya udah, alhamdulillah abis itu flek-nya basa basi.

Jumat, 22 Nov '13
Masih flek tapi samar samar. Hasil tes darah udah keluar dan overall they're good. Cuma emang masalah posisi ari-ari dan kekentalan darah yg harus diperhatiin. Infus bisa dicopot dan boleh pulang, yeay!
Kenapa gue dibolehin pulang padahal masih ada flek? Karena flek-nya putus-putus. Insya Allah artinya itu cuma sisa darah yang masih nempel di lorong mulut rahim. Gue diminta istirahat seminggu lagi dan kontrol sebulan lagi.
Pas sampe rumah, ngasih hasil tes ke nyokap. Ternyata, bokap gue punya masalah kekentalan darah. Kemungkinan artinya gue mesti konsumsi obat terus sepanjang kehamilan.
No probs lah ya. Everything for the baby.

Kalo ditanya, stres nggak harus bedrest sampe opname? Jawabannya, iya banget! Nggak pernah ngerasa selemah ini gue dalam hidup, asli. Tapi itu hikmahnya sih. Makin berasa kecil aja di mata Tuhan.
Saat ini gue mau nginget2 pesen ibunya Daly: dinikmati aja mbak, apapun itu enjoy aja.
Iya, di satu sisi gue memang tersiksa, khawatir, nggak berdaya, dll. Tapi ada banyak hal yang bisa gue syukuri banget-banget.
Pertama, semuanya dimudahin. Sakit gue memang nggak mudah buat dilewatin, tapi lancar-lancar aja bro. Daly bahkan bisa nemenin tiap hari dan ninggalin kantornya for a while. Itu hal yang sebenernya super sulit buat dia lakuin. Secara cuti aja mikirnya panjang banget.
Kedua, suster di YPK baik-baik banget, asli. Mereka perhatian dan tanggap banget. Setiap keluhan gue diupdate di data pasien mereka. Jadi kalaupun susternya ganti shift, mereka paham kondisi gue. Terus supportif banget, selalu ngasih semangat dan ngajak cerita.
Malah waktu underwear gue abis dan gue nggak bisa telfonin Daly untuk bawain lagi, mereka bersedia nelfonin pake telfon RS. Gue ngebel cuma buat minta tolong mindahin meja makan pun dilakonin pake senyum. Sesuportif itu.
Ketiga, gue dapet support dari keluarga besar. Ngeliat 2 pasien tetangga yang minim jengukan, gue ngerasa bersyukur banget. Support dari temen-temen deket dan anak kantor juga luar biasa. Mau lewat chatting kah, lewat path, sms, twitter.

Jadi, nikmat Allah mana yang kau dustakan?
Nggak ada sis! Nikmat semua! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar