Minggu, 08 Desember 2013

Tentang Ascardia - Si Obat Pengencer Darah

Dari hasil tes darah di awal November kemarin, kan ketahuan tuh kalau ACA gue sebenernya masih di angka normal. Masalahnya, bokap ternyata punya kecenderungan kekentalan darah yang sedikit bermasalah, dan itu biasanya nurun ke anaknya.\

Kekentalan darah ini, pengaruhnya adalah ke asupan nutrisi buat janin. Kalau laju darahnya lambat, ya bisa diperkirakan si janin juga agak sulit aliran nutrisinya. Makanya, gue disuruh minum Ascardia, obat pengencer darah. Dr. Nadir ngasih ini, karena menurut dia kalo range ACA gue masih di batas normal, nggak perlu lah ya suntik-suntikan segala.

Tapi, masalahnya si Ascardia ini mengandung asam yang bikin maag gue kambuh terus! Bener-bener selama seminggu keluar dari RS, mual muntah gue makin menjadi. Terutama kalau mau makan siang dan menjelang maghrib. Entah kenapa, begitu masuk maghrib gue makin susah makan, susah minum, susah duduk, pokoknya semua serba nggak enak. Terus abis makan malem, silahkan tunggu setengah jam kemudian, biasanya abis itu keluar lagi semuanya.

Puncaknya adalah suatu malem perut gue perih luar biasa. Padahal sebelum makan malem gue udah minum Mylanta. Makan malem dikit, terus jeda satu jam makan sayur dikit, terus jeda setengah jam baru minum obat. Dua jam kemudian gue merintih di kasur. Asli perih banget! Sampe hampir nangis nahannya dan nyokap kasih minum Mylanta lagi. Alhamdulillah abis itu bisa tidur.

Besoknya gue telfon RSIA YPK, nanya dari sekian obat yang gue minum (duvadillon, duphaston, folamil dan ascardia), mana yang paling nyerang maag. Apotekernya bilang, itu Ascardia. Walaupun orang banyak bilang bahwa obat penguat kandungan which is duphaston juga bikin mual, tapi yang mengandung asam ya si Ascardia ini. Lalu gue ditransfer ke bagian suster.. nanya lah gue, apakah bisa gue stop dulu minum Ascardia? Karena maag-nya super nggak kuat.

Susternya bilang nggak apa-apa, tapi better pas kontrol sama dokter lagi, diaduin aja kondisinya seperti ini dan minta obat lain yang lebih ramah sama maag.

Akhirnya gue stop deh itu Ascardia selama 3 hari (Senin, Selasa, Rabu). And guess what? Mual muntah gue jauh berkurang. Tetep muntah, tapi sedikit keluarnya. Gue juga jadi makin rajin minum karena udah nggak eneg lagi, kan. Rasanya senang luar biasaaaa :D

Kamis & Jumat kemaren, gue minum lagi tuh Ascardia. Alamaaaak, ancur-ancuran lagi langsung badan gue. Mual di sore hari, terus Sabtu kemaren, gue muntah paling hebat deh kayaknya. Padahal Sabtu gue nggak minum, lho. Cuma efek ke maag itu kan panjang, yaaa...

Gue muntah 3x non stop sampe susah banget cari nafas. Itu udah pegangan pintu, pegangan tutup kloset, dipegangin nyokap juga saking gue muntahnya nggak kira-kira :( Plus gue juga masuk angin parah. Sempet migren dan dibawa tidur nggak ilang2.

Akhirnya gue stop lagi deh Ascardia-nya :( sama dikerokin depan belakang sama nyokap yang sumpah merah buanget! Nggak ngerti ya, salah gue di mana. Perasaan gue nggak kecapekan, gue istirahat terus, makan juga diusahain sesering mungkin walaupun emang sih, satu porsi makan gue itu adalah: 1 lauk dan 2 sendok makan nasi.

Mungkin emang bawaan hamil begini yah, nggak ngapa-ngapain aja bisa nggak enak badan, hahaha. Kondisi gue sekarang sebenernya jaaaaauh lebih mendingan ketimbang akhir November kemarin. Badan memang masih lemes, perut masih suka ngilu, sholat masih harus duduk--belum bisa berdiri normal dan belum kuat juga sih bediri lama-lama, cuma much better deh rasanya, asli.

Oiya, karena rumah gue dan YPK jauh banget, gue sama Daly berencana buat cari dokter yang deket Pamulang aja. Sekedar 'nyebar riwayat hamil'. Soalnya nggak tau kan, gue bakal kontraksi melahirkan pas di kantor atau pas di rumah.

Mungkin minggu depan mulai dicoba sekalian nyari second opinion soal Ascardia ini.

4 komentar:

  1. Halo mbak, salam kenal sy dgn wulan.
    kmrn sy jg dikasih resep ascardia 80 sm spog saya. Tp dia menyampaikan kalau obat tsb dirancang khusus utk penderita maag (krn sy trmsk penderita maag akut) jd si ascardia ini ga merangsang asam lambung, beda dgn obat yang satu lagi (sy lupa namanya). Browsing2 ttg si ascardia ini jg katanya begitu, tdk menyebabkan maag kambuh.
    baca blog mbak ini sy jd ragu2 mau minumnya. Hehe. Ini kehamilan kedua saya uk 15weeks. Aman terkendali gak ada mual muntah. Cm klo jd mual muntah gr2 ascardia jd serem jg. Dulu riwayat anak pertama soalnya lahir kecil dan pas diluar jg susah naikin bb nya. Jd si spog kasih ascardia itu spy darah gak terlalu kental shg bs mengalirkan nutrisi dgn baik ke janin. Dulu hamil pertama sy naik bb 17kg sedangkan baby nya hanya 2.7kg krn memang darah sy agak kental sih. Jd bingung diminum gak yaaaa ascardia nyaaa hiks2 :( ohya aku jg minum folamil genio dr hamil pertama dan kedua ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Wulan,
      beda orang beda reaksinya kali, ya? Kalo di aku sih jadi mual..mungkin bisa dicoba aja dulu Mba, siapa tau hasilnya beda :)
      Semoga sehat terus yaa ibu dan bayinyaa :)

      Hapus
  2. Alternatif asam salisilat bisa pakai clopidogrel/plavix, cuma baiknya konsul dulu aja, lagipula harganya jauh lebih mahal

    BalasHapus