Senin, 20 Januari 2014

Syukuran 4 Bulanan

Wollaaaaaaah!
Mari-mari kita ngebahas si syukuran 4 bulanan..
Jadi, kalo di Indonesia itu orang biasanya syukuran kehamilan dilakukan pas janin usianya 7 bulan. Tapi kalo menurut Islam, syukuran itu di janin berusia 4 bulan, pas ruh-nya baru ditiupkan, takdirnya baru ditentukan, garis hidupnya baru diturunkan. Subhanallah. Indah banget ya, proses jadi manusia itu :') I simply love the whole concept...

Dalam kehamilan dan kelahiran, ada beberapa bentuk syukuran yang akan dikerjain. Empat bulanan ini masih awal. Ntar ada namanya selapanan sama akikah. Seru yaa :) Terus, kapan 4 bulanan exactly digelar? Kalo kata nyokap, sebaiknya di minggu pertama pas masuk 4 bulan. Kan gue 16 minggu alias 4 bulannya kan tanggal 16 Januari, jadi dibikinlah tanggal 19 Januari. Biar keluarga pada bisa dateng juga.

Anyway,
bikin syukuran itu nggak lepas dari namanya heboh, keluar uang, ngurusin perintilan, etc. Jadi, seperti halnya ngurus nikahan, yang gue tentukan duluan adalah berapa jumlah tamu. Karena menurut gue esensinya ini lebih ke menyambut si jabang bayi, makanya yang diundang adalah:
- Ustad
- Ibu-ibu pengajian (sekitar 34 orang if i'm not mistaken)
- Gue + Daly
- Keluarga Pamulang (nyokap+bokap+adek gue)
- Keluarga Klender (nyokap+bokap+adek bungsu Daly)
- Keluarga Gunung Putri (adeknya Daly, iparnya dan 2 ponakan)

Udah.
Keluarga yang notabene kakak atau adiknya bokap, kakak atau sepupu nyokap, kerabat keluarganya Daly nggak kita undang. Lagi-lagi karena syukuran ini menurut kami, sifatnya masih private buat yang keluarga inti aja. Besides, ini juga udah lumayan heboh menurut gue. Per.Ca.Ya.Lah.

Persiapan syukuran 4 bulanannya apa aja?
- Buku ngaji
(isinya surat Maryam, surat Yusuf, surat Al-Kahfi dan Asmaul Husna).
- Lembar shalawat
(berhubung syukuran ini deket sama Maulid Nabi, jadi sekalian shalawatan)
- Kue-kue buat disuguhin
- Kue boks
(menurut ibu-ibu pengajian senior, a.k.a nyokap, kalo nyuguhin ibu-ibu tuh suka nggak adil pembagiannya. Ada yang dapet pisang goreng cuma 1, ada yang dapetnya banyak. Biar adil, dibikinin kue boks juga. Gue mah ngikut aja deh :p)
- Makanan prasmanan
(karena acaranya dibuat menjelang makan siang.)
- Nasi kotak
(yang ini, isinya ya nasi, lauk pauk, penutup macam buah dan pudding. Satu lagi, di nasi boks selametan 4 bulanan ini katanya harus ada RUJAK. Dan rujaknya harus ada pomegranate alias buah delima. Buuu ibbbuuuu, sungguh gue nggak ngerti konsepnya, tapi sekali lagi...ngikut ajalah)

Buat nasi kotak, nyokap pesen ke temennya yang punya katering. Buat makanan prasmanan, nyokap beli sate langganan, sisanya kayaknya pesen di katering itu juga. Buat kue boks, beli di Majestyk sama Mirasari Pamulang (toko kue langganan nyokap).

Semuanya disiapin sama? Nyokap gue dan geng-nya ahahahaha...

H-1,
Ibu Mertua+Rani (adik ipar paling kecil) dateng di akhir Ashar. Setelah istirahat dan makan malem, kita bertiga masuk-masukin kue ke dalam kotak mika buat kue boks. Terus Ibu Kris, orang catering, dateng buat nganter kompor mini dan masang taplak meja yang pake plisket gitu. Gue sendiri nggak nyangka kalo mejanya ditaplakin kayak kondangan, hahaha..tapi nggak ada extra charge juga jadi ya wes lah.
Jam 11 an tidur.

Hari H
Jam 07.00 - 09.00
Gue baru bangun jam 07.30 pagi. Ya maap, abis subuh tidur lagi soalnya, hehehe. Sementara seisi rumah udah rame beberes segala macem. Sarapan bareng ibu mertua, Rani, Daly. Nggak lama dateng temennya nyokap ngantering bika ambon, katanya buat nambah-nambahin kue boks. Setengah jam kemudian dateng lagi kiriman kue soes dari temennya nyokap buat nambahin isi kue boks. Alhamdulillah :')

Sekitar jam setengah 9, bapak mertua, Sari (adiknya Daly)+suami+2 anaknya dateng. Sari langsung ikut sibuk buat beberes dan ngaturin makanan. Sementara yang cowok-cowok dan ponakan gue ngumpul bareng bokap dan adik gue.

Sempet adaa chaos karena lemper pesenan nyokap yang harusnya dateng jam 7 pagi, sampe jam 8 masih belom dibikin. Dibatalin lah kan, terus bokap naik motor beli di Mirasari. Alhamdulillah ada penggantinya si lemper itu. Pas mau dirapiin boks kue-nya, jadi gendutsss. Overweight karena tadinya kan cuma mau ada 4 kue. Eh jadinya 6 kue karena kiriman orang-orang baik itu :') senangnya...

Jam 09.00 - selesai
Tamu mulai dateng, catering makan siang mulai ditata. Ada lagi tetangga yang dateng dan bawain kue seloyang :') berkaaaah berkaaaaah. Gue? Muallll sodara-sodara... Jadi salah satu menu makan siangnya kan shabu-shabu tomyam. Bau bumbu dan bawangnya itu nyengat banget di gue. Mual-mual lah, akhirnya istirahatin perut dan mood dulu di kamar sebentar.

Jam 10 lewat dikit, acaranya dimulai. Sambutan dari Daly, terus gue bacain surat Maryam sambil menahan mual, lanjutin rame-rame baca surat Yusuf, Kahfi, Asmaul Husna, shalawat Nabi, dan gue masih nutupin idung karena kalo ada semilir aroma si shabu-shabu, langsung mual. Di akhir shawalat, gue dan Daly keliling minta doa yang dateng. Begitu selesai, gue langsung ngibrit ke kamar mandi dan...muntah. Hahaha, srimulat banget deh ini x)

Pas balik ke keramaian, pas Pak Ustad-nya lagi ceramah. Dia sempet bilang gini: "Menikah itu ada 3 tahap. Pertama enak, kedua eneg, ketiga anak. Nah, Mbak Fara ini sekarang lagi eneg." Hahaha..gue ketawa-tawa aja deh dengernya. Selepas ceramah, doa bersama, lanjut makan siang. Gue ngabur ke kamar buat menentramkan diri.

Selesai makan siang, jam 12an gitu baru bagi-bagi nasi kotak, sekalian Ustad dan istrinya pamit. Kira-kira setengah jam kemudian, ibu-ibu pengajian dan keluarganya Daly juga pamit. Di saat orang-orang pada beberes, gue mual-mual lagi :p

Semuanya baru selesai dan rapi sekitar jam 3 sore gitu. Gue sama Daly langsung tidur pulessss...bangun-bangun jam setengah 6 sore xD capek banget. Abis ashar dan berlanjut ke maghrib, kita makan malem di rumah nyokap. Terus lanjut goler-goler sampe jam 8 malem..dan, gue mual muntah lagi. Kali ini muntahnya serius. Akhirnya minta dikerokin aja sama nyokap dan emang merah banget, huhuhu...

Tapi, walaupun highlight hari ini sedikit tersamar dengan balada mual muntah, gue bersyukuuuuur banget. Bisa dapet wejangan yang self-awakening dari ustad, bisa ngerasain disayang orang-orang yang bahkan belum kenal si bayi or worse...kenal gue juga nggak..soalnya ada tetangga yang cuma tau nama aja. Bisa sehat, ketawa-tawa, didoain orang dan.. keluarga gue ngumpul sama keluarganya Daly :') gue akan selalu inget pas ibu mertua dan nyokap gue pelukan sampe 3x saking ngerasa bersyukur karena acaranya lancar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar