Kamis, 06 Februari 2014

My 19 Weeks - Hungry Much?

I'm 19 weeks preggie now :)
Apakah ada yang berubah? Yaaa... karena pas 16 weeks kemaren totalnya udah naik 4kg. Sekarang belum nimbang sih. Tapi yang jelas udah nambah gemuk :) Sepatu mulai sempit, sis! Celana ukuran 28 masih muat, tapi sampe paha aja. Perutnya udah nggak bisa, hahaha!

Napsu makan gimana? Wah, makin oke! Hahahaha... so far memang nggak pernah craving yang gimana banget, sih. Atau kepengen makan apa sampe nggragas gitu. Cuma sekarang lapernya lebih sering. Sarapan is a must, makan siang (gue dapet catering Berrykitchen dari kantor) juga, terus sekitar jam 5-6 sore gitu biasanya gue laper--terutama kalo nggak ngemil, nah pada masa itu gue mesti makan, terus nanti makan malem benerannya jam 8 malem. Jadi perutnya memang mesti diisi, diisi dan diisi.

Mual muntah? Masih ada. But at least gue udah lebih restaurant friendly sekarang. Udah bisa lah diajak ke restoran dua minggu sekali (asal jangan pake jalan-jalan di mall, gue nyerah!).

Gue juga masih alergi sama makanan berlemak dan full lactose. Pernah muntah karena makan es krim cup, karena makan cookies 5 biji, dan karena minum susu ukuran kecil. Pernah lagi waktu itu gue mempraktekkan resep mac and cheese yang dibikin di rice cooker. Hasilnya sih gagal ya, karena gue salah pilih susu. Harusnya susu plain, eh ini malah susu very vanilla-nya SILK, hahaha x). Karena laper, ya tetep gue makan. Cuma, dalam 15 menit setelahnya gue muntahin lagi seada-adanya itu makanan.
Berhubung perutnya kosong lagi, menjelang makan siang, gue sama Daly pun cussss ke Bebek Bengil Menteng. The idea was: to eat a whole crispy duck by myself! Demi memenuhi kebutuhan makanan si baby. 
Sampe sana pesen crispy duck setengah, sate lilit ikan seporsi (isi 6), jus orange wortel. Ada juga sih urap Bali yang cuma semangkok kecil dan 3 piring kecil berbagai sambel.
Lalu, apa yang gue makan? Urapnya, nasi satu porsi dan bebek sekitar 2/3-nya. Sate lilitnya dimakan Daly semua, di lidah gue rasanya manissss hehehe..padahal nggak.Dari situ, udah... kenyang makan, bayar, pulang lagi, baru makan pas jam 7 an dan cuma pepes telur ikan aja karena masih kenyang gara-gara si bebek. Nggak kreatif, ya? Hahaha...

Lately, gue juga mengalami kesulitan buat makan sore dan makan malem. Bukan cuma variasi makanan aja yang bikin gue bosen. Tapi nyari makanan non-vetsin di kantor gue itu susahnya bukan main. Sementara si bayi ini sepertinya sehat sekali, jadi nggak doyan vetsin. Utak atik utak atik instagram, gue nemu beberapa katering sehat. Dua dari 3 yang gue temukan, mematok harga 70 ribu - 100 ribu per porsi. Kalikan 2 dan kalikan dengan 22 hari kerja. Alamakjan..bisa buat beli stroller! xD
Bersyukur gue bumped in lah gue ke satu akun bernama:

@blekrosdiet
vita siregar

Usut punya usut, ternyata Vita adalah kakak pacarnya temen gue, Niki. Setelah whatsappan sama Niki, nanya nanyi ina inu, baru gue kirim e-mail ke Vita. Jadi, Blekros ini sebenernya catering buat mayo diet. Mereka menyediakan makan siang dan malam buat yang mau diet seharga Rp 120.000 - exclude ongkir, selama 13 hari. Si menu diet ini nggak pake garam, nggak ada nasi dan less oil. 

Jadi gue ngambil menu diet buat hamil?


Ya nggak laaaah...

Mungkin ada yang mikir, ya nggak papa kalik ngambil menu diet. Kan ibu hamil nggak boleh banyak garem, nanti kakinya bengkak. Well, itu ada benernya. Tapi pada dasarnya, ibu hamil butuh yodium dari garam. Jadi, makan makanan bergaram itu masih dibutuhin. Vita juga mengklaim bahwa menu diet no salt ini TIDAK DIANJURKAN untuk ibu menyusui. Jadi kalau gue mau pun, harus dengan izin dokter.
Karena itu, gue memilih menu kedua mereka, yaitu maintenance. Ceritanya si maintenance ini ditujukan buat yang udah melewati masa diet dan mau menjaga berat badan. Menu yang ini harganya samabedanya dia LESS SALT dan ADA NASI! Hurray!!!

Begini nih penampakan si Blekros Diet 

CANTIK, YAAA?

Hahaha.. kenapa gue excited sendiriNah, dia sekali kirim tuh dua packages. Buat lunch stikernya putih, buat dinner stikernya hitam. Isinya so far bikin gue takjub. Banyak bok! Terus rasanya juga endessss. Sudah dibuktikan karena temen kantor dan Daly sempet nyobain. They were very pleased and waiting for my next leftover, hahaha :D
Menu yang atas itu fruit platter + elle&fire yoghurt (Dinner) sama nasi goreng+ayam goreng kuning 4 biji (Lunch)
Menu yang bawah soto ayam (Dinner) sama beef steak+baked potato+veggies (Lunch).

Gue menerapkan metode sebaliknya. Menu Dinner dijadiin makan sore, menu Lunch dijadiin makan malem. Hasilnya? Perut terisi penuh dan aku bahagiaaaaaak!

Terus, gue sekarang mulai nge-juice lagi. Untuk imun tubuh dan mengurangi sembelit tentunya, karena itu rasanya nggak enak banget. Tapi bikin juice-nya cuma berisi buah-buahan aja, paling ditambahin soymilk atau roasted almond kalau ada. Kayak minuman sarapan gue di bawah ini, campuran soymilk, strawberry, almonds. Cuma keminum separo saking nggak tahannya gue sama susu dan ini ngenyangin banget. Abis itu? Perut bergejolak dan bye bye sembelit! :D

Oiya, juice ini cuma gue minum kalo pagi. Soalnya kalo pagi-pagi makan buah langsung, gue suka mual. Jadi pagi minum juice, ntar sorean kalo emang pengen dan ada yang dipengenin ya makan buah potong. Pokoknya gue berusaha biar banyak vitamin yang masuk ke tubuh tanpa harus konsumsi vitamin artificial.

Ngomong-ngomong soal nggak tahan susu, gue sempet worried juga. Sebelum hamil, gue basically memang lactose intolerant. Pas hamil, makinan nggak bisa minum susu. Padahal gue butuh kalsium, kan. Akhirnya gue memutuskan untuk beli chia seeds! Bijirin ajaib ini, punya kadar kalsium 5x lebih banyak dari susu. Gue nambahin chia seeds ini ke oatmeal porridge atau ke juice. Sehar cukup 2 sendok makan. Nah, sebelahnya ada raw cacao powder. Ini gue beli in case aja pengen minum smoothie tapi nggak pakai susu, jadi kan tinggal campur pisang sama ini aja, jadi deh!
Yang jelas, keduanya sehat, so I have nothing to worry about (harusnya :p).

Masalah terakhir yang masih gue alami seputar makan makan ini adalah, gue bisa nggak napsu makan! Kalo denger cerita orang yang bilang bahwa trimester kedua itu napsu makannya gila, which is itu terjadi juga sih di gue, agak aneh rasanya. Ya mungkin emang bawaan hamil tiap orang beda-beda yah. Gue bisa banget lho, dalam sehari apapun makanan yang masuk nggak ada yang bisa gue nikmatin. Just like today. Kalo udah gitu, rasanya pengen makan buah aja.

Eh, kok jadi panjang sih ceritanya? Udah ah, balik kerja lagi :p *dijitak bos*
Sampai jumpa di postingan selanjutnyaaaaaak!

2 komentar:

  1. Mau nanya dong.. 120rbu itu sekali makan atau perhari 120rbu? Jdi 13hari 2,6juta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Addini,
      120ribu itu buat sehari (lunch+dinner) dengan pengiriman 1x.
      Kalo totalnya tergantung ongkos kirim tiap area kali, ya :)

      Hapus