Senin, 19 Mei 2014

34 Weeks - Senam Hamil Pertama & RS Sari Asih Ciputat

Perdana nih misteeer, perdana ikutan senam hamil! :D
Gara-garanya suatu hari gue update Path soal suite-nya RS Bersalin di Kuwait yang kece banget. Tetiba temen gue nyaut dan bilang "Ya okelah pemandangannya biar bikin kita melek pas lagi ngeden". Kan gue bingung ya, melek sama ngeden pas melahirkan apa hubungannya? Terus satu temen gue ngejawab, bahwa kalau kita merem pas lagi ngeden, mata kita bisa kenapa-napa :s
Asli ya serem dengernya. Terus temen gue juga nambahin, makanya rajin senam hamil biar tau teknik pernapasan saat lahiran gimana walaupun biasanya bakal lupa semuanya sih kalau pas due date-nya

Nah lho kan, gue sementara selama ini nggak terlalu menganggap senam hamil ini penting banget. Lebih prefer macam pilates aja. Ya udah, di hari Jumat kejepit gue telfon lah RS Sari Asih Ciputat dan RSIA Buah Hati Pamulang. Jawabannya:

RS Sari Asih Ciputat ada kelas senam hamil hari Sabtu jam 7 pagi
RSIA Buah Hati Pamulang tidak ada senam hamil

I was like, ini serius? Kok RSIA malah nggak ada kelas senam hamilnya, ya? Dan yang RSIA Buah Hati Ciputat pun lagi nggak buka kelas senam hamil karena lagi renovasi gedung katanya.

Udahlah kan...

Sabtu, 17 Mei, Pagi
06.00 Nyokap telfon: "Far, jadi senam hamil? Sarapan dulu."
Gue kebangun tapi males-malesan dulu, ngumpulin nyawa.
07.00 Telfon ke RS Sari Asih Ciputat. "Mbak, senam hamilnya mulai jam berapa, ya?"
Dijawab "Jam setengah 8 atau jam 8, Bu" grmblh
07.05 Sarapan. Sendirian. Daly masih tidur, gue males mandi jadi cuma gosok gigi sama cuci muka ajaa :p
07.10 Daly mandi
07.15 Berangkat
07.30 Sampe RS Sari Asih Ciputat, daftar, naik ke ruang senam hamil..dan...masih kosong. Baru ada satu orang peserta yang dianterin ibunya.

Akhirnya ngobrol lah sama ibunya soal milah milih RS. Si Ibu ini udah pengalaman nemenin 2 anaknya lahiran. Terus sekarang anak terakhirnya mau nyoba lahiran di sini.

08.15 senam hamil dimulai. Ternyata bidannya mendadak cuti. Jadi diganti sama bidan lain yang belum terlalu berpengalaman. Gerakan senamnya kurang lebih sama kayak pilates, cuma ada nafas-nafasnya aja tapi dikiiit. Si bidang pengganti pun nggak enak gitu sama kitanya..bolak balik minta maaf karena dia cuma pengganti jadi ilmunya dikit :p Gapapa kali 

Ada kejadian ya, pas lagi senam tuh ada yang kentut. Oalah sodara sodari, di tengah olah nafas terus ada yang kentut itu disastrous, lho xD ahahahaha...! Dan dua kali pula dia kentutnya. Gila gue jadi suspicious berat pengen tau siapa yang kentut ;p Tapi keburu mabok dan masih ngantuk jadi gue diem aja deh, hehehe.

Jam 09.15 senam hamilnya kelar. Pakai cek detak jantung bayi dulu satu-satu, sama ada promo soal laktasi dari salah satu dokternya. Menarik sih, si RS Sari Asih Ciputat ini mau bikin klinik laktasi next month.

Pas mau balik, gue tertarik mau nyoba kontrol di situ sama dr. Adhitya. Karena gue pindah kontrol kan, jadi gue tanya-tanya dulu lah apa aja yang mesti gue hijrahkan dari RSIA YPK ke sini. Susternya bilang selain rekam medis, juga mesti lihat segala hasil tes darah dan rontgen. Yang agak kaget, dia bilang tes darah yang bagi mereka valid adalah yang dilakukan kurang dari 1 minggu. Rontgen juga gitu deh kalau nggak salah. Yah, masa gue mesti ngulang tes lagi, sih? Tes kehamilan kan jutaan harganya bor :(

Selesai nanya-nanya, gue tanya lagi kenapa si dr. Adhitya ini belum praktek padahal dibilangnya jam 9 pagi udah buka. Ternyata si dokter lagi ada operasi. Berhubung udah ngantuk, gue memilih pulang aja deh dan batal kontrol.

Pas bayar, lumayan murah sih. Biaya senam hamilnya Rp. 20.000. Biaya registrasi pasien Rp. 12.000. Totalnya Rp 32.000 saja :)

Untuk kamar bersalin, gue sempet lihat-lihat di atas..dan tertarik juga. Karena kamar VIP maupun VVIP-nya oke. Harga persalinannya (normal & C-sect) kisarannya 8.5 juta - 22.5 juta ++. Sayangnya kamar tersebut cuma ada 2 masing-masing. Ya namanya RS umum yah, jadi ruangannya nggak khusus buat bersalin aja :( nggak kebayang sih kalau lahiran normal, terus ngurus administrasinya lama karena mesti nunggu ruangan yang tersedia.

Gue juga kurang sreg sama tempat poli-polinya. Soalnya ruang periksa itu digabung di satu lantai, ada beberapa ruangan. Kebayang nggak sih ada ibu hamil nunggu bareng orang yang sakit mata atau sakit THT? Agak riskan menurut gue.

Cuma RS-nya bersih, sih. Daly sempet lihat mbak-mbak janitornya ngelap kursi pake sabun gitu. Terus gue juga lihat kamar mandinya lagi dikosek-kosek. Semuanya juga masih baru, jadi feel secure aja. Sempet lihat juga ruang tindakan untuk lahirannya. They all good :)

Untuk saat ini, gue belum memutuskan mau lahiran di rumah sakit mana. Masih milih-milih. Yes i know, udah makin deket due date kok masih browsing? Cuma, hm..memang nggak semudah itu untuk sreg sama satu rumah sakit in a short time. Hopefully I'll find the one soon ya :) *macam cari jodoh aja, Far*



5 komentar:

  1. "Halo Sis....
    klo baju senam yg ketat Itu apakah berpengaruh pada kandungan ?
    Dan Untuk Manfaatnya Apa saja ya ?
    Mohon Infonya :)"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Indra,
      soal baju senam yang ketat, jujur aku kurang paham efeknya ke kandungan. Tanya dokter aja :)
      Kalau senam hamil, biasanya bermanfaat buat latihan pernafasan saat lahiran dan gerakannya bisa dijadiin olahraga ringan sebelum melahirkan.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus