Jumat, 17 Oktober 2014

ASIP! Suka Duka Mompa di Kantor

It's been a month!
Sudah tanggal 15 Oktober, gosh..time flies really fast.
Sejak kejadian naro-naro peralatan memompa ASI di kantor, many things happened. Mostly are challenging.
Mungkin pernah denger, kalau salah satu penyebab seorang Ibu gagal memberikan ASI eksklusif adalah karena kantornya tidak menyediakan nursery room atau kantornya nggak mendukung karyawannya buat ngasih ASI eksklusif.

Kantor gue termasuk yang nggak punya nursery room, dan gedung (a.k.a mall) tempat kantor gue bernaung pun nggak punya nursery room. Jadi aja gue terpaksa pakai musholla beberapa kali, mompa di ruang meeting yang nggak dipake (which is jarang bangettt..ruang meeting penuh terusss), dan tentunya mompa di meja. Hufffttt..

Nggak enaknya lagi, musholla kantor gue kecil, sementara yang sholat kan banyak. Jadi nggak bisa tuh, ngambil space sebagian buat mompa di saat yang lain sholat. Bener-bener harus pas musholla kosong, dan kunci pintunya.

Beruntung kantor gue cukup mendukung karyawannya buat ngasih ASI eksklusif, jadi mereka baik-baik aja kalau gue menghilang sebentar buat mompa. Since gue juga mompa maksimal 30 menit aja, kok. Cuma, kasian para cowok yang kadang 'terjebak' meeting bareng gue. Mereka bisa pura-pura cuek, padahal gesture-nya risih banget. Maaf ya guys :(

Buat yang mengalami hal serupa, mungkin gue bisa share yah gimana caranya buat tetep sukses mompa meskipun fasilitas kantor kurang mendukung.

1. Dateng jam 9 pagi.
  Errr..kantor gue masuknya jam 10 pagi soalnya, hehehe. Jadi jam 9 udah termasuk pagi. Mungkin buat yang masuk kantor jam 8, bisa dateng jam setengah 8.

2. Mompa di musholla sebelum dzuhur
  Biasanya gue mompa jam 09.30 dan 11.30. Itu bisa deh musholla gue kunci dan bebas mompa sendiri.

3. Mompa di ruang meeting tapi ditemenin
Happened many times. Kasian yang nemenin gue (baca: Tiwi), sering harus bawa laptop buat kerja. Kadang kalo lagi makan siang bareng yang biasanya lewat dari jam 12.30, gue sama temen-temen kantor suka pake ruang meeting buat makan. Di saat itulah gue mompa lagi.

4. Mompa di meja pakai nursing apron
Kebetulan di belakang gue adalah meja print. Kebayang betapa seringnya orang (baca: cowok) dateng ke area gue? Untung printernya sering ngadat, ahakhakhakhak! Eits, belom selesai. Yang duduk di belakang gue cowok, tapi sepertinya tidak tertarik sama cewek, jadi nyaman aja. Pas mompa, gue tutupin diri pake nursing apron, kursi diputer buat menutupi badan.

5. Don't get stressed, don't push yourself, but don't give up
Ya, emang mompa di kantor terbuka itu segala-gala bisa mengganggu. Malu lah sama temen kerja, nggak enak lah sama bos, panik lah kalo lupa bawa peralatan. Nah, itu dia yang bikin ASI jadi mandek. Gue pun ngerasain yang sama, rasa malu dan risih yang luar biasa besar. Pernah juga ASI mandek sekali, gara-gara ngerasa itu. But then I remembered my baby. Anak gue butuh gue, hidupnya masih bergantung sama gue, jadi gue yakin banget Allah bakal bantu. Berdoa aja semoga Allah selalu melindungi aurat kita, terutama di saat menyusui dan memompa ASI. Gue percaya dan yakin banget Allah works the magic.

Nah lhooo, tulisannya ada yang hilang. Hahaha..
Jadi, ini adalah stok ASI gue setelah sebulanan ngantor lah, kira-kira. Yang bawah ini freezer nomor 1. Kondisinya udah ada yang kosong gitu, karena mulai diambilin.


Yang bawah ini adalah freezer kulkas. Udah reloaded lagi, full. Soalnya udah lama juga kosongnya.


Nah, yang ini adalah freezer yang ke-dua. Ini gue baru sewa sekitar awal masuk kantor kalo nggak salah. Soalnya freezer pertama dan si freezer kulkas udah nggak cukup lagi. Gue takut kapasitas untuk nyimpen ASIP nya berkurang kalo dipenuh-penuhin banget. Soalnya, beberapa ASIP gue ada yang bocor (baru ketauan 2, sih). Diduga karena desek-desekan, terus ketusuk ujung plastik ASIP yang lain.


There..
hahaha..akhirnya gue lengkapi yaa isi blog yang sempet kececer nggak jelas ini. Btw, buat yang mau tau di mana tempat sewa freezer di Jabodetabek, bisa ke @JCsewafreezer di instagram. Dia heitz banget soal persewaan..punya stok freezer cukup banyak, dan memang dikhususkan buat ASI. Nggak boleh kita nyewa buat nyimpen es dungdung jualan misalnya.

Selamat berjuang ya, ibu-ibu pompaers! :p


Sabtu, 04 Oktober 2014

Dhafin Bertemu Tante Bataknya

Khikhikhikhi...

Sebenernya ini cerita Dhafin ke mall kok, hehehe..

Ceritanya, 3 hari sebelum masuk kantor, yaitu hari Jumat, gue mulai nyicil ngedrop barang-barang ke kantor. Ada laptop sama alat tempur mompa. Soalnya, ternyata peralatan mompa gue banyak tuh, sekitar 4 tas lah..yaitu:

- Pompa Unimom Allegro electric
- Manual kit Unimom Mezzo
- Sabun cuci botol
- Sterilizer
- Botol simpan ASIP
- 1 pak plastik ASIP NATUR
- Cool packs
- Cooler bag

Yang 2 terakhir sebenernya bisa dibawa di hari H. Toh gue akan bawa 2 itu tiap hari. Cuma, hari Senin gue mau nyoba naik kereta. Jadi masih ngira-ngira lah bawaannya bakal segimana.

Gue berangkat dari rumah jam 9 pagi. Itu dalam keadaan Dhafin udah kenyang nyusu. Niatnya sampe kantor jam 10.30. Soalnya jam 11.30 udah harus ke PS, janjian sama tante bataknya si Dhafin :))
Nyampe Lebak Bulus, Dhafin haus lagi. Gue susuin lah di mobil, sampe arteri Pondok Indah. Abis itu dia langsung teler lagi mau tidur.

Sampe di kantor, nyokap bokap gue nunggu di coffee shop bareng Dhafin. Abis selesai naro barang, baru gue ambil Dhafin buat diajak keliling kantor :) Dia nurut aja tuh, anteng. Sempet digendong sama temen kantor gue juga santai aja :)

Pas lihat jam, ya ampun, udah jam 11 aja. Langsung bawa Dhafin ngibrit ketemu eyang eyangnya di coffee shop lagi, terus cabut deh ke PS.

Sampe PS, Dhafin masih tidur. Jadi ditaro di stroller bareng eyangnya yang makan di Seroeni. Meanwhile, gue ke Union ketemuan sama Serra :D

Gue bilang Serra ini tante bataknya Dhafin ya karena emang sama-sama batak. Meskipun yang satu batak tapanuli dan yang satu batak karo, bagi gue masih serumpun lah, hahaha.

Eiya, janjian di tempat hits bikin gue nyadar, bro..jadi ibu menyusui makan tuh harus milih banget yaaa. Di Union asli gue nggak tau bisa makan apaan. Semua ber cream, susu, keju, yang mana gue belom boleh konsumsi. Untungnya sih ada smoothies bayem ye bok. Langsung deh pesen itu nggak pake mikir.

Terus yaa..di Union kayaknya gue doang yang tas-nya paling nggak fancy. Soalnya bawa Gabag picnic serieees x) buat yang nggak tau disangka gue centil banget kali ya pake tas zebra berpita pink. Padahal itu cooler bag, karena gue berencana..MOMPA di UNION. Orang gila xp

Untung aja Tuhan menyelamatkanku beserta si Inang juga tentunya. Di saat gue lagi makan, Nyokap telfon dan bilang Dhafin nangis minta nyusu.

Lari dong gue ke lantai 3, yang ternyata Dhafin udah gelisah banget. Gue gendong si bayi, terus ngibrit lagi ke Union di lantai 1. Ini gue macam marathon aja padahal ke mall doang.

Sampe Union, sementara si Inang makan enak, mikir mikir mau dessert apa, gue nyusuin Dhafin. Bersyukur gue bawanya nursing apron warna item. Coba kalo bawa yang warna orange berbunga sakura? Dudududu xp

Dhafin lumayan lama minumnya, pikiran gue buat mompa pun hilang sudah. Gue juga berhenti makan spaghetti aglio olio with scallop which I conciously ordered, karena ternyata pedasssas :( lapar buuu.

Abis selesai nyusuin, Dhafin berpindah tangan, a.k.a digendong-gendong Serra. Jiyaaaa..anteng bangets! Pake foto-foto segala yekaaan. Udah asik aje gitu sampe pas gue gendong lagi, ternyata celananya Dhafin basah xD



Masya Allah naaaak, sungguh deh. Udah 2x ke mall ada adegan begini. Gue lihat celananya yang berwarna abu-abu..udah ada bercak kekuningan T____T  jelas banget ye, asli jelas banget. Gue ambil aja serbet beberapa buat nutupin. Terus jadi restless deh, nunggu bill yang tak kunjung datang. Hhhh..

Selesai bayar membayar, pisah-pisahan sama Inang, terus ketemuan lagi sama bokap nyokap, baru ngibrit ke nursing room. Ternyata kalau di Plaza Senayan, nursing room-nya buat 1 orang aja. Oke sih tempatnya enak, tiap lantai ada. Tapii, kebayang nggak sih kalau orang yang mau nyusuin atau gantiin pampers banyak? Kemaren aja gue digedor sama ibu-ibu. Padahal udah jelas-jelas dikunci itu pintunya.

Selesai ganti-ganti, masih ada 1 masalah lagi: gue laperrr! Hahaha! Makan lagi deh di Pepper Lunch..saking lapernya itu seporsi habis tanpa sisa..licin boook. Terus sempet mampir TRF dulu buat beli oatmeal cookies-nya, baru pulang.

Sampe rumah, asli jompo beraaat! Nggak dapet mompa selama di perjalanan nggak papa deh, yang penting bisa tidurrrr. Bawa bayik ke mall di saat masih nyusuin itu ampun broh, asliiiik. Cuma, kayaknya gue masih nggak kapok, deh. Ntar kalo jalan-jalan lagi diceritain lagi di sini yah, hehehe ;p