Jumat, 17 Oktober 2014

ASIP! Suka Duka Mompa di Kantor

It's been a month!
Sudah tanggal 15 Oktober, gosh..time flies really fast.
Sejak kejadian naro-naro peralatan memompa ASI di kantor, many things happened. Mostly are challenging.
Mungkin pernah denger, kalau salah satu penyebab seorang Ibu gagal memberikan ASI eksklusif adalah karena kantornya tidak menyediakan nursery room atau kantornya nggak mendukung karyawannya buat ngasih ASI eksklusif.

Kantor gue termasuk yang nggak punya nursery room, dan gedung (a.k.a mall) tempat kantor gue bernaung pun nggak punya nursery room. Jadi aja gue terpaksa pakai musholla beberapa kali, mompa di ruang meeting yang nggak dipake (which is jarang bangettt..ruang meeting penuh terusss), dan tentunya mompa di meja. Hufffttt..

Nggak enaknya lagi, musholla kantor gue kecil, sementara yang sholat kan banyak. Jadi nggak bisa tuh, ngambil space sebagian buat mompa di saat yang lain sholat. Bener-bener harus pas musholla kosong, dan kunci pintunya.

Beruntung kantor gue cukup mendukung karyawannya buat ngasih ASI eksklusif, jadi mereka baik-baik aja kalau gue menghilang sebentar buat mompa. Since gue juga mompa maksimal 30 menit aja, kok. Cuma, kasian para cowok yang kadang 'terjebak' meeting bareng gue. Mereka bisa pura-pura cuek, padahal gesture-nya risih banget. Maaf ya guys :(

Buat yang mengalami hal serupa, mungkin gue bisa share yah gimana caranya buat tetep sukses mompa meskipun fasilitas kantor kurang mendukung.

1. Dateng jam 9 pagi.
  Errr..kantor gue masuknya jam 10 pagi soalnya, hehehe. Jadi jam 9 udah termasuk pagi. Mungkin buat yang masuk kantor jam 8, bisa dateng jam setengah 8.

2. Mompa di musholla sebelum dzuhur
  Biasanya gue mompa jam 09.30 dan 11.30. Itu bisa deh musholla gue kunci dan bebas mompa sendiri.

3. Mompa di ruang meeting tapi ditemenin
Happened many times. Kasian yang nemenin gue (baca: Tiwi), sering harus bawa laptop buat kerja. Kadang kalo lagi makan siang bareng yang biasanya lewat dari jam 12.30, gue sama temen-temen kantor suka pake ruang meeting buat makan. Di saat itulah gue mompa lagi.

4. Mompa di meja pakai nursing apron
Kebetulan di belakang gue adalah meja print. Kebayang betapa seringnya orang (baca: cowok) dateng ke area gue? Untung printernya sering ngadat, ahakhakhakhak! Eits, belom selesai. Yang duduk di belakang gue cowok, tapi sepertinya tidak tertarik sama cewek, jadi nyaman aja. Pas mompa, gue tutupin diri pake nursing apron, kursi diputer buat menutupi badan.

5. Don't get stressed, don't push yourself, but don't give up
Ya, emang mompa di kantor terbuka itu segala-gala bisa mengganggu. Malu lah sama temen kerja, nggak enak lah sama bos, panik lah kalo lupa bawa peralatan. Nah, itu dia yang bikin ASI jadi mandek. Gue pun ngerasain yang sama, rasa malu dan risih yang luar biasa besar. Pernah juga ASI mandek sekali, gara-gara ngerasa itu. But then I remembered my baby. Anak gue butuh gue, hidupnya masih bergantung sama gue, jadi gue yakin banget Allah bakal bantu. Berdoa aja semoga Allah selalu melindungi aurat kita, terutama di saat menyusui dan memompa ASI. Gue percaya dan yakin banget Allah works the magic.

Nah lhooo, tulisannya ada yang hilang. Hahaha..
Jadi, ini adalah stok ASI gue setelah sebulanan ngantor lah, kira-kira. Yang bawah ini freezer nomor 1. Kondisinya udah ada yang kosong gitu, karena mulai diambilin.


Yang bawah ini adalah freezer kulkas. Udah reloaded lagi, full. Soalnya udah lama juga kosongnya.


Nah, yang ini adalah freezer yang ke-dua. Ini gue baru sewa sekitar awal masuk kantor kalo nggak salah. Soalnya freezer pertama dan si freezer kulkas udah nggak cukup lagi. Gue takut kapasitas untuk nyimpen ASIP nya berkurang kalo dipenuh-penuhin banget. Soalnya, beberapa ASIP gue ada yang bocor (baru ketauan 2, sih). Diduga karena desek-desekan, terus ketusuk ujung plastik ASIP yang lain.


There..
hahaha..akhirnya gue lengkapi yaa isi blog yang sempet kececer nggak jelas ini. Btw, buat yang mau tau di mana tempat sewa freezer di Jabodetabek, bisa ke @JCsewafreezer di instagram. Dia heitz banget soal persewaan..punya stok freezer cukup banyak, dan memang dikhususkan buat ASI. Nggak boleh kita nyewa buat nyimpen es dungdung jualan misalnya.

Selamat berjuang ya, ibu-ibu pompaers! :p


1 komentar:

  1. labelnya kurang satu tuh: buka rantang. #kemudiankebeijing

    BalasHapus