Kamis, 13 November 2014

Punya Anak kan Mahal?

Yiak! Satu lagi yang sering ditakuti banyak orang.
Emang punya anak mahal, ya?
Hmm.
Hmm.
Hmm.

Gini aja, coba itung biaya makan kita sekarang. Tiga kali sehari let say abisnya 100ribu. Kali sebulan jadinya 3 juta. Kali setaun a.k.a 12 jadinya 36 juta. Kali usia kita sekarang. Misalnya 20 taun, ya berarti 720 juta. Itu baru makan pokok. Belom cemilan, weekend, biaya sekolah, beli sabun mandi, beli baju, ikut les, potong rambut, perlengkapan hobi, etc etc etc etc. Panjang bok, hahahah.

Jadi jawabannya, YIAK, punya anak memang mahal.

Terus, gimana sama punya anak yang minum ASI? Lebih murah kah dibanding susu formula? 
Jawaban gue: nggak juga..
Alhamdulillah ASI gue cukup banyak. Sejauh ini nyimpennya di freezer kulkas, freezer khusus 1 dan freezer khusus 2. Freezer khusus itu gue sewa, kira-kira 145ribu/bulan. Terus, misalnya dalam sebulan kira-kira gue menghasilkan 100 ASIP. Nah, 100 itu perlu wadah, kan? Harga per botol bekas @2500. Kalau dikalikan 100 jadinya 250.000 bisa reuse. Tapi itu botol bekas. Kalau botol baru, bisa @4500. Jadinya di bulan awal bisa keluarin uang 450.000. 

Selain botol, gue juga pakai wadah plastik. Satu kotak isi 30 bungkus harganya 35 ribu. Sehari gue bisa dapet 6-7 bungkus ASIP. Berarti 1 kotak cuma dipakai selama seminggu kali, ya? Dikalikan sebulan? Kira-kira 140ribu belum termasuk ongkir.

Belum beli pompa ASI, yang kadang..ya, rusak spare part nya. Terus, biaya MPASI. Beruntung gue sudah punya blender, dikadoin Takahi slow cooker, bibs, feeding set. Jadi belakangan beli grinder set, talenan, piso sama cubes buat nyimpen frozen food. Buat gue yang maunya ekonomis aja, paling abisnya so far 600 ribu kali, ya. Tapi gimana dengan yang pengen semuanya branded? Ada lho, yang niat alat MPASI asli dari sononya, harus import, jadi harga per piece-nya bisa setengahnya budget gue di atas. Mahal, ya? YA!

Belom lagi: Pampers.

Nah, sejauh ini Dhafin juga selalu pakai pampers, karena beberapa clodi udah kekecilan. Pas dia masih newborn banget, Dhafin selalu pakai Merries. Abis itu nyoba Nepia, Goon, Huggies..dalam sebulan, dia menghabiskan 240 lembar pampers. Bayangin, satu pak dari merk tersebut harganya di atas 50ribu. Untungnya sekarang Dhafin udah gedean, sejak dia umur 2,5 bulan, udah ganti jadi popok ekonomis si Mamy Poko, yang harganya setengahnya ajuah. Dhafin juga pipisnya nggak sesering dulu, jadi paling sebulan gue beli 8 pak.

Sejauh ini udah kebaca mahal, kah?
Buat gue, iya.
Itu belom termasuk biaya kontrol dokter, imunisasi, beli mainan yang menstimulasi dia, toiletteries, etc.

Terus yah, tadi pagi pas mau berangkat kantor, gue ngeliat ambulans lewat kompleks tetangga. Di ambulans itu tertulis "RSIA Buah Hati". Lalu apa yang ada di pikiran gue? Gue pengen nambah adeknya Dhafin segera. Hahahaha...! 

Setelah segitu banyak biaya yang dikeluarkan buat anak, gue masih kepikiran punya anak lagi?

Ya.

Udah gila? Nggaaaak! Karena menurut gue, rejeki anak udah diatur. Biasanya, kita pas udah married tapi belum punya anak, buat seneng-seneng ngapain, sih? Ke mall, nonton, nongkrong. Sekarang, kalau mau seneng-seneng ngapain? Main sama anak, that's it.

Gue nggak mau munafik, yaaa. Biar gimana pun tetep gue perlu waktu buat nongkrong juga sama temen-temen. Tapi itu terbatas banget keinginannya. Gue saat ini, mungkin karena Dhafin masih ASI eksklusif juga, milih banget kalau mau pergi ke mall atau nongkrong. Maunya yang bisa bawa Dhafin. 

Tapiii..ya itu bisa dikontrol, kok. Sebisa mungkin nggak berlebihan soal bela beli barang buat Dhafin. Misalnya, diaper bag. Gue nggak beli yang namanya diaper pouch khusus. Atau pouch khusus toiletteries. Gue pake plastik bekas clodi atau bobita, yang memang tebel dan ukurannya besar. Reuse aja lah pokoknya.

Beli baju bayi juga nggak yang melulu mothercare. Gue nemu online shop di instagram yang jual jegging bayi cuma 20 ribu. Sejauh ini, Dhafin pake itu kulitnya aman-aman aja. Begitu pula dengan detergen bayi. Asli ya, pembantu gue tuh orangnya ngejar busa banget kalo nyuci. Lah, pake Sleek kan busanya dikit, ya? Jadi 450ml, alias satu pak Sleek, bisa cuma buat seminggu aja sama pembantu gue. Asyeeeemmmmmmm!

Belakangan gue akhirnya ganti pakai detergen Cussons. Harganya sedikit lebih murah dari Sleek, tapi isinya 700ml. Lah, ya udah beres yaaa per detergen-an ini. Ntar juga pas Dhafin udah 6 bulan, detergen-nya akan gabung sama gue dan Daly, kok. Karena memang udah harus dikenalin sama hawa asli sekelilingnya.

Jadi gimana, dong? Mending punya anak aja apa nggak kalo biayanya segitu, tapi gaji kita > segono?

Ya terserah kalik, hahaha! Maap, nggak bantu :p

Kalo buat gue, punya anak itu anugrah buanget. Dari hamil aja, pahalanya dihitung berkali-kali lipat. ASI? Setiap teguknya, di Islam, berarti dosa kita diampuni. Setiap teguk, bro. Ngasih ASI 6 bulan aja udah berapa teguk?

Gue juga baru tau, gimana rasanya loving unconditionally. Baru tau gue rasanya jatuh cinta nggak kira-kira tuh seperti apa. Bener-bener bikin gila, tapi nagih! Kayaknya hormon endorphin gue ditingkatin berkali-kali lipat. Buahagianyaaaaaa bukan main :)


Buat yang kira-kira sepaham sama gue, mau punya anak, insya Allah ya Jeung, insya Allah bahagia banget. Apalagi kalo anaknya dididik jadi sholeh/sholeha. Insya Allah doa baik mereka untuk kita diijabah. Aaamiiin :)


Dah ya, buruan gih, program hamil :p 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar