Selasa, 23 Desember 2014

My Weekend as Mom, Wife, Worker and Woman


Disclaimer: buat yang udah jago jalanin semua peran di judul, saya salut! Maaf ya kalo rookie ini mau curhat dikit soal pengalaman pertamanya :)
Ini kejadiannya 2 mingguan yang lalu

Rencana awal sebelum Jumat.
Sabtu:
- Pagi: check up gigi.
- Siang: Ratri mau ke rumah nengok si bayik di masa pulkamnya.
- Malem: bikin 2 loyang makaroni schotel buat acara perkenalan adek ipar gue, di hari Minggu.

Minggu:
- Pagi: ambil kue pesenan di toko kue. Beli tambahan kue buat hantaran.
- Siang: acara perkenalan di rumah mertua.
- Malem: istirahat buat menyambut Senin.

Tiba-tiba, Jumat jam 9 malam, pas banget baru mau keluar kantor abis lembur, whatsapp gue bunyi. Ada message dari temen gue yang berbunyi:
"Gue ada nih pembantu buat lo. Bisa ambil nggak besok?"
Jadilah sepanjang jalan ke stasiun dan rumah, gue watsapan mulu. Intinya gue mau ambil itu pembantu, dan artinya gue mesti nyiapin kamarnya karena kasurnya udah buluk. Nggak lupa cancel janjian sama dokter gigi, karena kemungkinan ngambil pembantunya pagi.
Done.

Minggu jam 8 pagi, gue telfonan sama si empunya pembantu. Ternyata pembantunya baru bisa dijemput abis lunch. Okelah. Berarti sekarang bisa nyari kasur plus bahan baku makaroni yang masih kurang.
Jam 9 pagi, si bayik dimandiin segera pas abis bangun. Si suamik cuci mobil dan ngosek kamar mandi.
15 menit kemudian, dapet sms kalo si pembantu nggak mau ngurus bayi. Plus, dia nggak mau jauh dari buleknya. Manja yaaa? Jadi cancel, deh.

Hufffft.
Bete sih gue. Soalnya tu pembantu sempet ditawarin temen gue buat kerja di Pasar Minggu juga gak mau. Alesannya gak mau jauh dari kakaknya. Tapi di gue nggak mau juga dengan alesan gak mau jauh dari budenya. Besok gak mau jauh dari siapa lagi? Cuma ya sudalah ya, daripada kecewa, mending nggak usah usaha ngebujukin tu pembantu biar mau.

Abis itu gue mandi dan siap-siap belanja pas banget dapet kabar dari Ratri kalo dia akan sampe rumah gue dalam waktu 2 jam.
Oke.
Gue langsung ngibrit beli kue di Little Corner Dcakesbydewi, ke carrefour beli bahan makaroni, ke tukang bakso langganan, balik lagi ambil pie di toko kue. Sampe gue lupa makaaaan..aslik gemeterrr.
Sampe rumah beberes belanjaan, nyusuin si bayik deh! Si Ratri pun nyampe akhirnya jam 2. Ngobril ngalor ngidul, makan bakso, makan dark chocolate pie-nya dcakesbydewi (yg ternyata enak banget) sampe jam 5 sore, nice chat for me! Hope the feeling is mutual :) Abis itu dia pulang.

Terus gue ganti baju masak, maghrib, nyiapin semua bahan baku buat makaroni schotel.

Tapiiii, sebelum masak gue dapet e-mail dari kantor yang minta gue revisi kerjaan. Baiklah. Pending dulu sampe besok yaa, masak dulu ay. Masaknya dibantuin nyokap biar nggak teler-teler amat. Niat awal bikin buat 3 loyang besar, yang kejadian cuma 2 loyang besar dan 5 cups. Jam 21.30 acara masak-masak ini pun selesaaai...! Tepar yaaa. Ya.

Minggu 
Bangun pagi, nyusuin si bayik, mandiin langsung deh. Cek diaper bag yang disiapin si suamik, cooler bag, carseat dll. Abis itu mandi, jam 8 ambil kue nampan di Mirasari, sama beli opera cake di Holland Bakery.

Berangkuts lah kami ke Jakarta Timur. Di jalan si bayik sempet tidur anyep anyep. Sekitar satu jam kemudian, sampe deh di rumah mertua :)

Beberes kue, nyusuin si bayik, siap-siap buat acaranya adek ipar gue. Selesainya sih siang yaa jam 1 an. Tapi mainnya lanjut.

Sesi makan berporsi-porsi, nengokin tetangga yang baru lahiran, mandiin si bayik, main sama ponakan, beberes, jam 8 malem cabut deh pulang.

Di jalan, si bayik tidur lumayan pules. Kasian juga dia seharian digangguin sepupunya jadi nggak bisa tidur. Sekalinya tidur di mobil cuma sejaman.

Nyampe rumah, gantiin baju sama pampers si bayik, nyusuin, terus dia tidur di kasur gue. Soalnya dia restless dan masuk angin, saking kecapekannya. si suamik tidur di kamar lain.

Selesai bersih-bersih, buka laptop, kerja sampe jam 1 pagi. Mata rasanya sepet banget. Tapi gue inget kata-kata Dian Sastro di salah satu interview dia di tv [.....CAELAAAAAH.....], waktu dia jelasin gimana hebohnya jugling ngurus anak sambil S2. Dia bilang: pokoknya dikerjain aja, nggak perlu dipikirin bisa apa nggak--pokoknya jalanin aja. Kira-kira gitulah. And I proved it. Bener deh, kalo mikir bisa nggaknya, gue sih bakal milih mencak-mencak sambil nunggu Senin buat ngerevisi kerjaan. Atau beli aja makaroninya gak usah bikin.

Tapi semua bisa kok dikerjain, besoknya gue berangkat kantor agak siang, si bayik udah enakan dan si suamik juga bisa ngejalanin aktivitasnya dengan baik.

So, it is not impossible, but you need a good vibe and a lot of positivity. Care to give it a try? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar