Senin, 29 Desember 2014

Relaktasi Day 1 - Hm, Begitulah...

Jadi, saya sudah sembuh dari cacar, yeay!
Ternyata butuh 2 minggu lebih dikit untuk bener-bener yakin udah lepas semua koreng di badan. Ya, koreng memang menggelikan buat dibayangin, tapi emang korengan, gimana dong? Hehehe..

Tantangan hari ini adalah: relaktasi.

Relaktasi ada proses si bayi belajar menyusui lagi setelah beberapa lama disapih. Konon, bayi yang berusia lebih dari 6 bulan agak lebih susah buat relaktasi ketimbang yang lebih kecil. Nah, bayi gue umurnya udah 6 bulan lebih. Bagaimana jadinya?

Pagi
Masih minum pakai dot, karena beberapa ASIP udah terlanjur dikeluarin. Kira-kira 3 sesi lah dia minum pakai dot sampai waktunya makan siang.
Makan siang pakai buncis 10 batang, ketimun 1, ludes abis, padahal itu porsi 2 kalinya kemaren, ahahaha. Pintar kamu, nak!

Sorenya, jam 3 an, dicoba lah menyusui. Dia kaget. Bener-bener kaget. Bolak balik nyusu-lepas-nyusu-lepas sambil ngeliatin gue. Macam nggak percaya ini kejadian lagi gitu. Pada akhirnya, momen menyusui itu cuma bertahan 5 menit karena dia nggak bisa diem.

Nggak lama si bayik rewel dan sepertinya udah ngantuk. Akhirnya coba disusuin lagi, dan dia mau, walaupun sambil setengah merem. Sekitar 15 menit apa 20 menit gitu, dia akhirnya beneran tidur.

Jam 5 dia bangun, disusuin cuma bertahan beberapa menit. Dia masih merasa asing kayaknya. Hhh..baiklah.

Habis maghrib si bayi nangis mulu, rewel, ternyata giginya gatel. Badannya jadi agak anget. Padahal, pas dia 4 bulan dan giginya mau numbuh, sama sekali nggak panas badannya, dan mau nyusu tiap 1 jam. Kali ini? Nope, dia menolak menyusu :(

Baru (lagi-lagi) setelah dia agak ngantuk, mau deh nyusu selama setengah jam. Abis itu si bayi pun tidur. Sempet lega, karena badannya udah nggak anget lagi. Jadi kemungkinan si anget sebelumnya terjadi karena si bayik dehidrasi.

Tidur sekitar setengah jam tuh si bayik, lalu dia bangun, nyantai-nyantai sebentar, lalu rewel. Dicoba disusuin nggak mau :( bener-bener melentingkan badannya menjauh. Untung si bokap udah nyuruh nyokap buat nyiapin ASIP. Karena khawatir kan, di saat kayak gini dia nggak mau minum.

Begitu si dot berisi ASIP ditaro di mulut si bayik, dia mau. Bahkan langsung nyedot, walaupun emang berhenti-berhenti sih. Hhh..positif mesti diulang lagi relaktasinya besok.

Semoga besok nggak ada lagi sakit gigi atau anget, jadi si bayik bisa menunggu sampai mau nyusu. Karena kemungkinan besar cairan yang masuk nggak sebanyak biasanya, kan.

Perjuangan bener yaa ngasih ASI eksklusif menuju S2 itu. Semoga saya kuat! Hiyak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar