Selasa, 30 Desember 2014

Relaktasi Day 2 - Belajar Tega

Sebelumnya,
mau berbelasungkawa dulu atas musibah yang menimpa awak pesawat dan penumpang Air Asia QZ8501. Gemeter banget pas denger hari ini bangkai pesawatnya sudah ditemukan, berikut jenazah para penumpang dan mungkin awak pesawatnya. Inna lillahi wa inna ilaihi raajiuun. Semoga amal ibadah mereka diterima Allah SWT tanpa kurang satu apa pun. Semoga keluarga dan kerabat yang ditinggalkan bisa kuat menerima musibah ini. Sungguh-sungguh sedih dan bikin patah hati :'(

Ok,
mau kembali ke judulnya yaa. Jadi ceritanya hari ini gue melancarkan gerakan relaktasi lagi. Semalem, si bayi tidurnya nggak nyenyak. Mulai mau sih nyusu, tapi begitu 5 menit, dia lepas, lalu dia ngelihatin pintu. Seolah nunggu eyang atau bapaknya dateng bawain botol ASIP. 
Sempet suatu waktu dia ketiduran 15 menit, terus kebangun, terus dia nyender di gue sambil bengong. Semacam bingung sama keadaan yang baru ini. Nggak lama kemudian, dia rewel minta nyusu.

Si bayik ini seperti berusaha untuk adaptasi sama kamar tidurnya juga. Karena dua minggu kan dia tidur di kasur eyangnya. Sekarang dia harus balik ke boks bayi yang kebetulan, bumper bed-nya baru diganti. Hhhh... 

Dia juga kayak mengingat-ingat rasanya menyusui. Soalnya, pas awal mau nyusu emang agak berontak, tapi lama kelamaan, dia nggak mau lepas sampe ketiduran. Just like old times. Kayaknya dia lagi dilema banget antara melanjutkan kebiasaan setelah 2 minggu ini, atau kembali ke yang sebelumnya. Lumayan juga ya, perjuangan yang harus dilakukan bayi umur 6 bulan, hehehe. Gue kasian sih, tapi ini fase yang menurut gue 'nggak boleh dikasihanin'. Emang harus dijalanin biar semuanya lebih baik.

Ketika lagi nyusu, kamar harus cuma gue berdua sama si bayik. Bapak sama eyangnya nggak boleh ada di satu ruangan, karena takut distraksi. Takut juga dia masih ngarep bakal dikasih ASIP botol sama eyang dan bapaknya. Bahkan biar banyak skin to skin contact, tadi malem, gue tidur berdua si bayik aja, bapake ngungsi tidur di kamar lain. Gue belom bisa mandiin si bayik, karena masa inkubasi cacar gue masih besok. Belom yakin aja.

Untungnya hari ini, dia nggak nolak-nolak amat kalo ditawarin nyusu. Pokoknya full deh nyusu terus. Mungkin karena dia udah mulai paham bahwa nggak ada pilihan lain, ye. Cuma, dia sering banget nangis kejer pas laper atau haus. Gue harus sabar dan tega-tegain ngebiarin dia ngelampiasin emosinya. Setelah dia tenang, baru gue usaha nyusuin lagi. It works! Tapi efeknya si bayik jadi manja dan lemes banget. Kayak orang puasa gitu. Digodain jarang ketawa, tapi kalo tidur pun nggak terlalu nyenyak, maunya digendong terus dan dipeluk kenceng. Sedihnya, kadang dia melukkin gue kayak kangen banget. Diciumin sampe pipi gue penuh ludah. Ketika digendong sama eyangnya, tangannya julur-julur minta gue gendong.

Gue juga sengaja ngajak dia ke rumah eyangnya hari ini, just like old times, dan tetep nyusuin dia di situ. Dia sempet benerrrr nyariin eyangnya buat minta botol asip. Untung aja dia cepet nyadarnya dan segera nyusu, hahaha, saking hausnya kali yaa. 

With those progress, my faith is getting stronger. Karena si bayik toh nggak menolak sama sekali. Hanya, gue jadi belum bisa mompa buat stok. Hari ini baru dapet 1 kantong berisi 90ml. Kemaren sih lumayan dapet 3 kantong isi 100ml, 120ml dan 140ml.

Banyak yang bilang, kalo relaktasi lebih mudah ketika bayi berusia di bawah 6 bulan. To be specific, under 3 months old. Fasenya masih belajar soalnya. Tapi kalo buat gue, masih tetep bersyukur karena relaktasinya di saat si bayik 6 bulan. Karena dia sudah makan dan boleh minum air putih. Artinya, gizinya masih terpenuhi lewat makanan itu meski baru 1x sehari. Dari sisi gampang, ya pasti fase ini lebih ribet, but still, I'm so grateful. Nggak kebayang kalo gue relaktasiin bayi umur under 6 months yang masih amat sangat tergantung ASI, seperti yang terjadi di minggu-minggu pertama kelahiran si bayik.

Buat yang lagi ngalamin relaktasi juga, please don't give up on the first, second, or third day. Terus berjuang, ya :) Semua masalah balikin rutinitas aja, kok. Nah, minggu depan kan udah mulai masuk kantor, tuh. Gue berencana, kalau pun si bayik masih belum mantap relaktasinya, pengen ngajuin cuti sampe dia bener-bener bisa inget nyusu. 

Meanwhile, I'll keep you updated! Hehehe, semoga berguna yaa :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar